Indonesia merupakan negri dengan beragam kebudayaan. Dari kebudayaan tersebut, lahirlah sebuah kebiasaan masyarakatnya yang dianggap sakral dan jangan sampai dilanggar. Namun, akhir-akhir ini budaya itu sudah mulai berkurang dan bisa hilang akibat tergeser oleh budaya luar.

Bukan ingin mendiskreditkan kebudayan luar. Sah-sah saja kebudayaan luar masuk ke indonesia karena hal tersebut sudah menjadi tuntutan zaman modern seperti sekarang ini. Hanya ingin menyarankan Bolehlah menerima hal-hal baru dari luar, namun tetap harus kritis dan hati-hati. Ambil hal baru yang lebih baik dan tetap pertahankan nilai-nilai leluhur yang baik pula.

Berikut budaya-budaya kita yang mulai jarang kita praktekkan;

1.Cium Tangan.

Ini dia yang biasa kita lakukan (ya gak?). Entah ketika hendak berpergian atau saat tiba rumah, kita membiasakannya. Bahkan Ummi penulis pun mewajibkannya pada anaknya agar menanamkan rasa hormat sekaligus tunduk. Mungkin itu salah satu alasan dari dibiasakannya salaman sambil mencium tangan pada orang yang lebih dimuliakan. Masihkah kita membiasakannya pada kehidupan setiap hari?

2.Tangan Kanan

Memakai tangan tangan kanan dalam setiap hal seperti memberi atau menerima sesuatu, makan, menunjuk atau lainnya telah mengakar dalam budaya kita. Jika saja dalam hal-hal tersebut diatas kita melakukannya dengan tangan kiri lebih-lebih di hadapan orang tua, sudah kita akan dicap sebagai anak yang tak beretika.

Mungkin kalau di luar negri menggunakan tangan kiri adalah hal biasa, karena mereka tak menganggap tabu dalam penggunaannya. Inilah yang membedakan kita dengan mereka. Dalam budaya kita, menjaga etika sangat dijunjung tinggi. Oleh karenanya mari pertahankan budaya ini dan jangan sampai tergerus oleh budaya luar.

3.Senyum Sapa

Ciri khas Indonesia sekali. Negri kita terkenal dengan citra ramh, murah senyum, dan tegur sapa. Karena senyum itu ibadah, dan sapa itu menambah keakraban kita dengan sekitar kita. Mungkin ini yang masih sering kita jumpai di masyarakat. Mudah2an jangan sampai hilang.

Itu tadi merupakan budaya indonesia yang harus terus kita jaga, jangan sampai kita lupakan citra indonesia yang ramah, tamah dan sopan.

Iklan