“Mereka bertanya kepadamu tentang hari kiamat. Katakanlah:”Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu hanyalah disisi Allah.” Dan tahukah kamu (wahai Muhammad), boleh jadi hari kiamat itu sudah dekat waktunya.” (Q.Q. al-Ahzab:63)

Jumat, 21 Desember 2012 benarkah akan menjadi akhir dari perjalanan alam semesta? Gonjang-ganjing hari kiamat seperti gempa, tanah longsor, gunung-gunung berterbangan, dan segala kekacauannya tervisual dengan apik dalam film berjudul 2012, karya sutradara Roland Emmerich.Bagi yang sudah menonton film 2012, bukan kebahagiaan yang diperoleh, melainkan ketakutan mendalam akan bertemu hari titik penghabisan itu.

Gonjang-ganjing ini semakin heboh ketika Paranormal terkemuka tanah air, mama Laurent turut ambil bagian dengan memunculkan statemen bahwa penduduk bumi pada tahun 2012 hanya tinggal 60% sementara 40% yang lainnya akan musnah. Sebuah ramalan yang mencengangkan sekaligus mengerikan. Pernyataan Mama Laurent tersebut tak pelak membuat masyarakat tak nyenyak tidur.

Terlepas dari benar tidaknya isu tersebut kita sering menjumpai isu-isu kiamat yang pelakunya sangatlah tak berperikemanusiaan. Beberapa saat lalu, kita sempat dihebohkan oleh isu yang mengatakan bahwa akan terjadi bencana besar di tanggal 9 bulan 9 tahun ’09. Hampir seluruh nusantara berharap-harap cemas menunggu apa yang akan terjadi pada tanggal tersebut. Namun, isu tinggallah isu. Tak terjadi bencana besar seperti apa yang dihebohkan.


sempat bikin heboh…

2012 DALAM PANDANGAN IPTEK

Merebaknya spekulasi tentang kiamat tahun 2012 ternyata ditanggapi serius oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA). Dalam rilis resminya, NASA menyebutkan tak akan terjadi hal buruk pada 2012. NASA juga belum melihat adanya asteroid akan menabrak bumi seperti 65 juta tahun lalu yang sampai memusnahkan Dinosaurus. Tentang badai matahari, mereka tak menyangkalnya. Namun, tak ada yang spesial. Planet kita baik-baik saja selama lebih dari empat miliar tahun, dan ilmuwan yang terpercaya di seluruh dunia tahu bahwa tak ada ancaman yang terkait dengan 2012.

Ahli astronomi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional yang berkantor di Bandung, Thomas Djamaluddin, pendapatnya tak jauh beda dengan yang dirilis NASA. Dalam pandangan Thomas, semua prediksi kiamat tersebut tidak memiliki konfigurasi khusus yang mengancam bumi. ”Badai matahari pada 2012 atau 2013 tidak ada yang membahayakan bumi. Itu hanya fenomena siklus alam yang terjadi sekitar sebelas tahunan. Meski rentan terhadap gangguan oprasional satelit, tapi tidak menyebabkan kiamat.”

Meskipun terjadi perbedaan pendapat dikalangan ilmuwan atas peristiwa yang terjadi pada tahun 2012, namun tak ada satupun yang mengklaim bahwa tahun 2012 adalah titik akhir sebuah kehidupan. Berdasarkan pada penelitian ilmiah mereka juga tak ada yang mengarah pada peristiwa besar yang mengharuskan dunia ini gulung tikar, kiamat.

SEAKURAT APA PARANORMAL?

Jika kita cermati, dunia ini sepertinya berada dalam ”genggaman” paranormal. Manusia sekarang lebih mempercayai berita dari mereka ketimbang mencoba menelaah kembali ajaran agama. Apa yang tak terlihat oleh orang umum, terlihat nyata dalam mata Paranormal. Dan, mereka senantiasa mengiringi dalam setiap era kehidupan manusia. Bagaimana sebenarnya Paranormal itu dapat mengurai sebuah perkara yang sifatnya ghaib?

Sesungguhnya dukun, peramal, atau paranormal itu menjalin hubungan dengan setan yang mencuri informasi dari langit. Setan itu kemudian menyampaikan informasi yang berhasil dicurinya kepada dukun atau peramal. Hanya saja, akurasi berita yang disampaikan setan terhadap paranormal hanya satu persen dari sekian persennya yang benar.

Sekarang mari kita coba tes akurasi ramalan Paranormal tentang kiamat 2012. Apabila hari kiamat benar-benar terjadi pada Jumat 21 desember 2012 – sebab kelak hari kiamat juga terjadi pada hari Jumat – maka semestinya tanda-tanda besar hari kiamat sudah muncul terlebih dahulu. Kalau tanda-tanda kecil memang sudah muncul, seperti anak berani terhadap orang tua, perempuan menyerupai laki-laki, laki-laki menyerupai perempuan, dan masih banyak lagi. Tanda-tanda besar datangnya hari kiamat diantaranya adalah; pertama, munculnya Imam Mahdi. Imam mahdi inilah yang akan memimpin dan membawa umat Islam menjuju tahta kejayaan. Realitanya, sampai saat ini ia belum muncul. Yang muncul justru imam-imam (pemimpin) yang brekele. Kedua, munculnya Dajjal yang akan menyesatkan umat manusia di muka bumi. Konon, ia berhasil menyesatkan umat manusia dan memiliki pengikut serta anak buah yang banyak. Dajjal juga akan berperang melawan umat Islam dibawah kepemimpinan Imam Mahdi.

Dengan melihat uraian diatas,praktis bahwa ramalan kiamat akan terjadi pada tahun 2012 termentahkan. Bagaimana mungkin proses besar itu dapat ditempuh hanya dengan waktu dua tahun!

JANGAN PERCAYA RAMALAN.

Secara tegas, firman Allah yang telah diutarakan diawal tulisan ini menyatakan bahwa tidak ada seorang makhluk pun yang mengetahui terjadinya hari kiamat, kecuali Allah Swt. Maka, ketika ada seseorang yang bertanya tentang kapan terjadinya hari kiamat, semua itu harus dikembalikan kepada Allah Swt. Kalau ada seseorang yang mengaku mengetahui hari kiamat atau hal-hal ghaib lainnya, semua itu adalah bohong besar. Sebab, pada hakikatnya yang mengetahui hal-hal ghaib hanyalah malaikat dan Rasul yang dikehendaki Allah Swt.

Jika Rasul Saw yang dekat dengan Allah Swt saja tak mengetahui kapan terjadinya kiamat, apakah kita akan tetap mempercayai ramalan manusia biasa yang kemampuan dan pengetahuannya terbatas? Sebagai umat muslim, tidak sepatutnya meyakini sebuah ramalan, karena bisa menyebabkan syirik. Sedang Allah Swt sangat murka terhadap makhluk yang menyekutukan-Nya. Jangan sampai, kita diperingatkan lagi oleh Allah karena mempercayai hal-hal yang mengarah pada syirik. Sebab, peringatan Allah amat sangat pedih. Bukan mustahil, terjadinya berbagai macam bencana yang menimpa kita salah satu penyebabnya adalah karena banyaknya manusia yang mempercayai sebuah ramalan.

ROBBANA ATINA FIDDUNYA HASANAH, WA FIL AKHIROTI HASANAH, WA QINA ADZABANNAR